Kamis, 18 September 2014

Hidayah? Ditunggu atau Dicari?

Hidayah Bukan Sesuatu Yang Ditunggu

Ketika seseorang berubah menjadi lebih baik dalam segala hal apalagi ibadahnya, langsung kita semua berujar "Enak yah kamu uda dapat hidayah". Dari ucapan ini, seakan memperjelas bahwa hidayah adalah sesuatu yang "diberikan" dan hanya perlu ditungggu pasti akan datang pada waktunya. Ini nih yang rada bahaya, AJAL TIDAK MENUNGGU KITA DAPAT HIDAYAH BOSS!!!

Sebuah pola pikir dan pandangan yang keliru jika kita masih berkeyakinan bahwa Hidayah adalah "give" yang akan datang dengan sendirinya tanpa adanya upaya pencarian dari kita. Allah kasih kita akal dan waktu, sejauh mana kita mau mempergunakan akal dan waktu kita untuk sesuatu yang baik atau minimal mencari kebaikan dan kebenaran.

Hidayah itu adalah petunjuk, dan ga perlu repot-repot menunggu atau mencari Hidayah karena salah satu hidayah terbesar umat muslim adalah Quran dan Hadist. Quran malah menjadi salah satu mukjizat dari Allah untuk Rasulullah dan pengikutnya.

Hidup itu ibarat kita sekolah yang punya aturan, di sekolah kita uda ditentukan berada di kelas apa dan memakai seragam apa. Apa jadinya kita tidak mentaati aturan sekolah? Kita masuk di kelas yang salah, kita sekolah dengan seragam yang salah, dana membawa buku pelajaran yang salah? Sanksi/hukuman akan menanti kita.

Sama halnya dengan umat muslim, aturan kita adalah Quran dan Hadist. Namun masalahnya banyak dari kita, termasuk penulis masih belum mentaati aturan ini secara penuh karena masih terus berusaha mentaati dan mungkin ada yang beberapa kita masih acuh dengan aturan ini. Astaghfirullah, ampuni kami Ya Allah dan tunjukkanlah kami jalan yang lurus di jalan Mu.

Yuk mari ga perlu nunggu hidayah buat menjadikan diri kita lebih baik dan lebih dekat dengan Allah. Cukup kita ikuti saja aturan Nya dengan menjalankan segala perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.

Jika kita bisa mentaati aturan yang dibuat manusia, sudah tentu kita wajib dan terus berusaha mentaati aturan yang dibuat oleh Allah? Amin Allahumma Amin

Mudahkan kami dalam mendekatkan diri pada Mu, dan jauhkan kami dari siksa api neraka Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar