Rabu, 11 November 2009

Chapter 1 - Tawuran

Pandan Community SMA Negeri 9 Surabaya 2006


Di tahun ajaran baru, diawal agustus biasanya anak SMAN 6 ngadain acara open air. Anak-anak Pandan jelas nggak mau ngelewatin, sebab inilah moment yang tepat untuk jual tampang mereka. Malam itu malem minggu, anak-anak Pandan (Komunitas anak nongkrong SMAN 9 Surabaya) yang berisi makhluk semacam Hadi, Semox, Ricko, Teyenk, Priyo dll lagi kumpul di pandan buat dateng ke acara Open Air SMAN 6 di deket basra tepatnya deket Radio Suzana lebih tepat lagi di sebelah Arca Joko Dolog. Keliatannya Open Air SMA N 6 bakal rame coz banyak artis Ibukota seperti Sodara-sodari dan bintang utamanya adalah “Saint Loco”.

Anak Pandan uda  pada lengkap di Pandan, mereka langsung cabut ke Open Air SMAN 6.  Begitu tiba di tempat penjualan tiket, anak pandan uda bikin resek, ulah mereka antara lain, buang sampah sembarangan, godain cewek-cewek yang cakep-cakep, anak-anak nggak mau ngegodain yang jelek-jelek coz yang jelek sombong banget kalo digodain. hehehe

“Eh tiket masuk jangan beli semuanya, tadi kan duit kita kurang ?“ ujar Hadi pada anak-anak pas nyampe parkiran.

“Lha terus gimana Had ?“ tanya Teyenk.

“Ntar kan masuknya pake gelang, jumlah kita kan 20 ya uda kita gantian aja kita beli tiket 10 aja terus duit sisanya buat beli minum ama rokok.“

“Jadi maksudmu ntar yang masuk 10 dulu terus sisanya nunggu gelang anak-anak yang uda masuk,“ ujar Ableh yang tumben banget bisa nyambung diajak omong.

“Yak betul, tumben banget kamu Bleh uda bisa berpikir logis tapi tetep aja wajahmu masih nggak logis.hihihi“ ujar Hadi seraya ngikik.

Setelah beli tiket, anak pandan langsung masuk venue Open Air. Mereka yang uda masuk duluan langsung enjoy aja nikmatin Live Performance dari band-band yang tampil dan yang masih di luar malah misuh-misuh sebab yang di dalem uda lupa ama anak-anak yang di luar.

“Woi Had, anak-anak yang di luar gimana ?“ tanya Syarip yang baru tersadar kalo anak-anak pada nunggu.

“Oia, ya uda kamu ama Londo keluar sekarang aja terus minta gelang anak-anak,“ jawab Hadi sambil tolah-toleh nyari cewek cantik.

“Ya udahlah kalian tetep di sini aja, Aku ama Londo keluar dulu.“

 Akhirnya anak-anak yang di luar uda pada masuk semua dan mereka langsung ngumpul ama anak-anak yang ada di dalam, tapi ada kejadian yang kurang nyenengin pas anak-anak lagi goyang, tiba-tiba ada oknum tak bertanggungjawab memukul salah satu anak pandan sebut saja namanya Londo atau biasa dipanggil Heru. Londo adalah bocah lugu dan bersahaja dari SMAN 6 yang suka menabung dan pipis pada tempatnya. hihihiihi




Setelah Londo dipukulin, anak-anak pandan tidak tinggal diam, mereka cuma cuek aja. Orang pertama yang ngeliat Londo dipukul adalah Priyo namun beliau tidak mau bantuin mukulin Londo, kurang ajar banget si Priyo? masa temen sendiri dipukulin?!. Maka dari itu beliau hanya diam malahan beliau nyaris kena pukul oleh salah seorang yang mukulin Londo, untung ada Dower dengan gagah berani menendang musuh hingga terpelanting nan jauh disana. hehehe

Anak yang paling berani memisah pemukulan terhadap Londo adalah Harya atau yang biasa kita sebut “Gembel“ dan atas jasa serta dedikasinya, berhak mendapatkan 500 botol aqua dan 200 kardus aqua dibayar tunai!??

Setelah dipisah oleh Harya, Londo kabur entah kemana dan anak pandan ngira kalo Londo diculik dan penculik meminta tebusan uang sebanyak “Utang Negara Kita“ tapi untung nggak jadi. hihihi (jayuz banget ah)

Usut punya kentut, ternyata Londo lagi ngopi di sebelah kanan panggung. Syarif selaku “Teman Tapi Mesra“ daripada Londo jelas marah daripada tahu TTM-nya dipukulin daripada orang dan daripada dia berencana belajar Kung Fu daripada Bruce Lee tapi nggak jadi coz daripada Bruce Lee uda wafat jadinya daripada Syarif  belajar Kung Fu ke daripada Buce Lee tapi nggak jadi coz daripada sinetronnya uda nggak tayang lagi. (perhatikan ada berapa daripada?fyuh daripada capek juga, daripada kebanyakan daripada sih..mbulet...)

Saat anak-anak nyamperin Londo di pinggir panggung, Hadi dan Baby (baca:salah satu nama binatang) langsung dipegang Pak Polisi. Hadi jelas sebel coz dia nggak tau apa-apa kok tiba-tiba ditangkep.

“Pak, saya ini mau nolongin temen saya yang baru aja dipukulin!!?”

“Maaf, Saya kira anda mau mukul anak ini” jawab Pak Polisi sambil menunjuk Londo dengan ibu jari.

“Gapapa kok pak, tapi lain kali jangan diulangi lagi ya..” jawab Hadi sambil menunjuk arah angin (wadouw ngga nyambung mas).

Setelah itu anak-anak pada nyamperin Londo, tanpa pandang bulu Syarifpun langsung mewawancarai soib kecilnya itu.

“Ndo, kamu gapapa kan? Aku khawatir ndo?” tanya Syarif penuh perhatian dan kasih sayang.

“Aku gapapa kok rif, yang jelas Aku nggak terima dikeroyok, masa Aku nggak punya salah tiba-tiba dikeroyok?!” jawab Londo penuh emosi dan cinta.

Hadi yang sedaritadi merhati’in Dower yang nampak emosi jadi penasaran,  kok tumben dia emosi,“Wer kamu kenapa ?“

“Ini Priyo tadi nggak mau bantuin, uda tau Londo mau dipukul, eh malah diem aja.!” jawab Dower sambil nunjuk Priyo.

“Bener Yok ?“ tanya Hadi.

“Sory pren tadi jumlah mereka banyak, jadinya Aku nggak bisa bantuin sebab tadi kalian nggak ngerti kalo Londo dipukulin,“ jawab Priyo seraya menundukkan kepalanya.

“Pengecut amat sih kamu, Aku hajar di sini baru tau rasa. Laen kali kalo temen susah itu dibantuin, jadi anak tuh jangan mau dienaknya aja.“ ujar Dower.

“Hei udahan donk, kalian tuh temen lagi ada masalah kalian malah bikin masalah, “ ujar Hadi sambil menahan Dower.

“Sory pren, Aku emang bukan temen yang baek tapi janji deh nggak bakal kayak gini lagi, nyesel banget coz gara-gara Aku juga kita hampir berantem,“ sesal Priyo.

“Udah toh, mending kita cari aja anak yang tadi mukulin Londo.“ ajak Derajat.

Baby yang daritadi merhati’in Londo langsung berujar, “Teman-teman, kita harus mencari pelaku dari semua ini, mari kita balas dendam!!”

“Yaaaaaaaa!?” jawab anak pandan serentak. (kayak film kartun tsubasa aja pake yaaaa)


***


Akhirnya anak-anak pandan mengangkat bendera merah pertanda perang telah dimulai dan mereka mengelilingi area open air, namun hasilnya nihil. Mereka jelas pada kecewa dan sebel banget, coz hanya bisa duduk termangu di sebelah kiri panggung meratapi kegagalan mereka.

“Woi pren, rugi kan kalo bayar tiket cuma buat duduk termangu di sini?! Lagian napa juga sih kalian mikirin mereka? Nggak ada untungnya lagi.“ ujar Hadi.

“Bener kata Hadi, kita nikmatin aja smua yang ada di sini ntar kalo ketemu, kita hajar mereka” tambah Jon sambil mengepalkan tangannya kayak preman di sinetron-sinetron kesayangan anda.

Sedangkan di lain pihak, Priyo ama Jabrix bingung mikirin dugem aja, kayaknya mereka be-2 nggak siap untuk mobilisasi. Jabrix terus merayu Priyo dan Priyo terus merayu Betet dan akhinya mereka be-3 terlibat cinta segitiga layaknya Anjali, Rahul dan Tina Kapoor dalam Kuch-Kuch Hotta Hai (film Bollywood yang cukup laris manis saat penulis masih kelas 6 SD).

Di lain pihak, Hadi stress banget mikirin duitnya Rp. 20.000,00- yang hilang entah kemana.

Setelah lama berputar, akhirnya anak-anak pandan nemuin musuh mereka yang tadi mukulin Londo, tepatnya di depan panggung tapi agak ke kiri dikitlah. Anak Pandan pada kumpul sekitar 50 meter dari musuh dan mereka masih bingung nyari posisi yang enak buat tawuran. Priyo, Jabrix ama Betet masih bingung dengan percintaan mereka dan Hadi masih depresi karena kehilangan duit, kasihan deh . .

Baby dan Darojat masih ragu untuk memulai pertempuran, akhirnya Hadi mengajukan diri untuk memulai pertempuran. Hadi nyuruh anak-anak untuk ready to fight till the end.

Hadi langsung nyamperin anak yang tadi mukulin Londo dan tanpa basa-basi Hadi langsung nonjok ntu anak mpe terkapar. Tau Hadi uda mukul, anak-anak langsung nyerbu dan musuhpun kaget sejenak. Keadaan pada waktu itu sangat sulit untuk ditulis dalam cerita coz kalo ditulis banyak banget mending digambar aja yach. hehehe

Akhirnya anak pandan memenangkan tawuran, merekapun pulang dengan kepala tegap. Londo yang punya masalahpun merasa puas dengan apa yang dia dapat saat tawuran coz dia dapet banyak barang seperti sepatu, topi, kaos, rumah mewah dan mobil mewah beserta pemiliknya.

Rencanya anak-anak mau nyimpen pengalaman ini buat diceritain ke anak cucunya kelak.



4 komentar:

  1. ok juga tulisannya Gan...
    Mampir ke situs gw gan....

    BalasHapus
  2. sama-sama
    tapi gmn caranya mampir kalo situsnya uda g aktif lagi..hhiihi

    BalasHapus
  3. ckckck hobi kok nonjok anak orang hahaa

    hahaa lucuu lucuu :D

    BalasHapus
  4. gayamu nyill.. itu bukan hobby nyil.. hobby ku itu sholat dan mengaji
    hhaha

    BalasHapus