Rabu, 11 November 2009

Chapter 4 - Unbelieveable on 291104

Trio Macan 3 IPA 1


Seperti biasa, tiap hari senen Guru Fisika 3 IPA 1 yang biasa kita sebut dengan Gondrong atau nama aslinya adalah Pak Didit emang jarang ngajar, hobynya cuma dateng bentar di kelas, ngasih latian soal terus ditinggal rokokan deh. Bener-bener  te ope begete nie teacher.
Anak 3 IPA 1 tidak pernah melewatkan kesempatan emas ini. Biasanya mereka uda pada ke kantin semua buat sarapan, jualan, dll. Hadi sedaritadi masuk skull pasang muka murung terus bahkan dia juga nggak rame seperti biasanya. Semox dan Ricko juga pada heran ngeliat tingkah laku Hadi yang pasif dan naif itu.
“Ko, ada apa ama Hadi? Aku perhatiin daritadi dia kok murung terus?“ tanya Semox.
“Iya Mox, kok tumben banget dia jadi pendiam gitu, kita samperin dia aja yuk ?!” ajak Ricko.
Ricko dan Semox langsung nyamperin Hadi yang lagi duduk sendiri di pojok kelas.
“Eh Had, napa? Tumben kamu diem ?“ buka Ricko.
“Nggak ada apa-apa kok Ko ?“ jawab Hadi sambil mengusap air mata di pipinya.
“Nggak ada apa-apa tapi kamu kok mpe brebes mili gitu?“ tanya Semox penasaran.
“Kamu salah kali, ngapain juga Aku bribes mili.” kelak Hadi.
“Udahlah Had nggak usah ditutupin gitu, crita aja ama kita.” ujar Ricko
“Ya udahlah pren, Aku juga nggak mau kalo Aku bribes mili sendiri. Kalian masih inget almarhum Mad kan ?” ujar Hadi
“Tentulah kita nggak bakal bisa ngelupain dia,“ tegas Ricko
“Dia kan salah satu temen terbaek kita. Emang kenapa Had ? dia kan udah lama meninggal, udalah kamu ikhlasin aja.” ujar Semox sambil memegang pundak Hadi.
“Uda Aku ikhlasin kok, sekarang tuh setahun dia meninggal,“ ujar Hadi tertunduk lesu.
“Yang bener kamu Had?!“ tanya Semox kaget.
“Oia Had, kamu mau nyeritain ke kita apa yang kamu lakuin seharian ama Mad sebelum dia meninggal?” tanya Semox.
Hadipun hanya bisa terdiam sejenak sebab dia selalu sedih jika mengingat kejadian itu.
“Kalo kamu nggak mau crita juga gapapa kok Had, kita juga ngerti gimana perasaanmu sekarang.“ ujar Ricko.
“Gapapa kok, Aku malah seneng kalo kalian emang pengen tau.“
Hadipun langsung mendongeng pada kedua soibnya itu. Jadi begini......

Senin 29 November 2004, pagi itu masih cerah dan matahari masih terbit dari barat. hehehe..
Saat itu Aku masih kelas 2 SMA dan sekelas ama Mad, Syarif, Priyo dan Soleh di kelas II-2. Kita punya rencana buat cabut skull coz hari itu tugasnya banyak banget. Kita juga nggak lupa ngajakin Mad tapi dia nggak mau dan ada yang aneh ama dia, dia jadi lebih rajin dan lebih diem tapi tetep aja item. hihihi
Berhubung Mad nggak mau cabut, akhirnya kita cabut ber-4. Pas di Pandan, anak-anak pada bingung mau bolos kemana dan akhirnya nggak jadi. Pelajaran pertama di kelas II-2 saat itu adalah Matematikanya Bu Rosydah yang selalu kental dengan logat maduranya dan anak-anak sekelas langsung diabsen buat ngumpulin tugas tapi apa yang terjadi? ternyata masih banyak siswa yang belum ngerjain tugas. Anak sekelas nggak ngerjain mungkin dikarenakan 2 faktor, pertama nggak bisa dan yang kedua adalah nggak tau tugas yang mana.
Saat dihukum oleh Bu Ros, Aku kecewa banget ngeliat si Mad uda ngerjain tugas bahkan Aku sempet ngomong. “Hidup aja sendiri Mad!temen-temenmu kan banyak yang belum ngerjain, eh kamu malah uda ngerjain!?” Madpun hanya bisa terdiam.
Dasar anak II-2, dihukum bukannya insyaf, mereka malah ke kantin buat ngisi perut sedangkan yang laen maen di perpustakaan padahal di perpus kan dilarang maenan apalagi maen sepak bola. hihihi
Saat anak II-2 lagi asyik ngerumpi di perpustakaan tiba-tiba Mad datang, “hai teman-temanku, Aku nggak betah di kelas kalo nggak ada kalian. Hadi mana?”
Saat itu Aku lagi ngerangkum rumus fisika, Aku yang lagi asyik ngerangkum rumus fisika langsung nyodorin tugasku sambil nyodorin wajah dongkol mirip ikan tongkol.

            “Aku setuju had kalo mukamu mirip ikan tongkol.“ potong Ricko.
            “Apaan sih ko, terus Had lanjutin lagi.“ ujar semox.

“Ini, Mad tolong bantuin ya coz Aku mau ngerjain matematika.”
Mad akhirnya menerimanya dengan lapang dada coz dia ngerasa bersalah ama Aku. Emang setia kawan banget ntu anak.
Setelah pelajaran matematika usai, anak-anak II-2 langsung balik ke kelas coz nggak mau nyari masalah ama guru fisika.
Anak-anak pada heran ngeliat tingkah laku Mad, sebab dia beda banget ama biasanya. Sekarang dia jadi lebih rajin dan lebih diem seperti yang aku jelasin di atas tapi dia tetep item kok.


***


Sekolah telah usai dan anak pandan punya rencana buat karaoke di NAV,  ternyata Freepas buat karaoke nggak cukup buat orang banyak jadi yang karaoke cuma 6 anak.
Aku akhirnya ngalah dan ngajakin Mad ke rumah Ulik di menanggal. Akhirnya Aku ama Mad berangkat ke rumah Ulik dengan motorku yang udah lusuh dan tak terawat itu.
Tingkah laku Mad di rumah Ulik beda banget ama di skull coz dia sekarang jadi rame sendiri and teriak-teriak kayak orang apaan aja. hehehe
Di rumah Ulik, aktivitas anak-anak cuma nonton Film Vcd di kamar Ulik sambil tidur jadi yang ditonton pada males juga. Sedangkan Mad malah asyik nonton TV sambil menyantap mie goreng.
Hari uda sore dan Aku ngajakin Mad pulang tapi kita sempet mampir dulu ke rumah Jabrix buat minjem sepatu basket. Aku dan Mad langsung berangkat ke skull dengan kencang mpe di KBS (Kebun Binatang Surabaya) kita bedua mo jatuh dan Aku ngerasa ada yang nggak beres ama Mad.
Aku punya feel nggak enak ama Mad, tapi Aku cuek aja coz nggak mau punya bad feel ma sahabat sendiri.
Pas nyempe ketintang, Mad mau ngajakin pulang tapi Aku nggak mau, malah ngajakin basketan dulu di skull kemudian nganter Mad pulang.
Perjalanan ke skull Kita lalui dengan kencangnya sebab Kita balapan ama orang dan akhirnya Kita yang jadi pemenang. Setibanya di skull, latihan basket baru aja slesai, Kita berdua akhirnya maen basket sendiri dan Mad sempet minta ajarin Kiki yang masih kelas XI  buat maen basket.
Bis dari skull, anak-anak basket ke pandan dan Mad langsung nemuin Dimas “tikuz”.
“Kuz, tadi Hadi bener-bener gila!?”
“Gila kenapa Mad?” tanya Tikuz.
“Tadi Hadi ngendarain motornya kenceng banget coz tadi kita balapan ama orang tapi kita yang menang lho.” ujar Mad bangga.
Aku baru inget kalo Mad itu belum pulang dari hari sabtu dan Aku langsung motong pembicaraan Mad ama Tikuz. “Hoi Mad, kamu nggak pulang ta?”
Madpun sebel, lagi enak-enak cerita malah disuruh pulang, “Apaan sih Had, enak-enak ngobrol malah disuruh pulang.”
“Dari sabtu kamu tuh belum pulang, buruan pulang pake motorku.” ujar Hadi sambil ngelemparin kunci motornya.
“Oia Aku lupa, ya uda deh Aku balik dulu.”
“Mad ntar jangan lupa jemput Aku di mahameru ya.” pinta Hadi.
“Gampang, mahameru tuh deketnya makam pahlawan belok kiri kan?” tanya Mad yang uda naek kendaraan dan bersiap pulang.
Ableh yang nggak tau apa-apa langsung aja nyahut, “iya Mad, Mahameru kan deketnya kuburan, ya uda kamu tidur di sana aja. Hahaha.”
“Aku pamit ke anak-anak dulu!” ujar Mad
Saat mau pulang, Mad sempet nyalamin semua anak yang ada di pandan dan dia juga megang dagunya anak-anak. Mad juga sempet bangunin Bandroll yang lagi sibuk tidur tapi bandroll tetep aja tidur. Mad juga sempet titip salam buat smua anak pandan.
Pas Mad pulang, Bad feelku muncul lagi dan Aku juga ngerasa kalo bakal ditinggal jauh soibku itu tapi Aku cuek aja coz Aku ga mau punya feelbad atau bad feel sih? ke temenku yang uda Aku anggep sodara sendiri.

Hari semakin petang, maghrib telah berganti malam dan Anak-anak uda pada pulang semua, terus Aku latihan basket di Mahameru. Apes banget buat anak mahameru, baru aja latihan tiba-tiba hujan datang dengan riang gembira.
Aku langsung minjem kunci mobil Adit “bule” coz Aku mau berteduh di mobil, anak-anak pada heran kok tumben, Aku nggak niat basket padahal biasanya meski hujan Aku tetep semangat maen basket.
Pas di dalam mobil, Aku kaget melihat banyak miscall dari telpon rumah coz nggak biasanya orang rumah misscall, biasanya mereka nelpon. Hpku  bunyi lagi dan langsung aku angkat telponnya.
“Hei, kamu dimana? Kamu nggak apa-apa kan?” tanya Mamaku lewat telpon  penuh dengan kekhawatiran.
Aku terkejut dengan pertanyaan mama dan Aku sempet diam sejenak dan bad feel itu muncul lagi, “Aku gapapa kok ma, emang kenapa?”
Mama ngejelasin, “Tadi ada orang nelpon, katanya kamu kecelakaan berat dan kondisimu parah, sekarang dibawa ke RSUD Dr. Soetomo. Kakakmu ada di pandan sekarang!!”
Akupun kembali kaget dan langsung teringat Mad terus langsung Ku mati’in telponnya. Aku langsung ngajak temen-temen Mahameru yang uda kenal Mad seperti Bagus, Adit “bule”, Jimin ke RSUD Dr. Soetomo sebab Mad dirawat disana.
Aku minta anak-anak lewat pandan coz di sana ada kakakku. Kakakku langsung nyeritain semuanya ke anak-anak pas di dalam mobil.
Saat tiba di RSUD Dr. Soetomo, Aku nemuin Papaku yang terlihat sedih dan feelku muncul lagi saat itu.
Aku nyoba tanya ama Papaku, “Pa, gimana keadaan Mad?”

“Terus saat itu kamu uda kerasa Had kalo mad bakal ninggalin kita?“ tanya Ricko
“Bentar ya Ko, Aku lanjutin lagi.”

Dengan berat hati Papaku  ngejawab, “Yang sabar ya Had, kasihan temen baekmu itu.” ujar Papa sambil megang pundakku.
Aku bertanya pada papaku sambil merintihkan air mata, “Mang Mad kenapa Pa?!
Tampak banyak bicara Akupun langsung ke tempat Mad dirawat dan Aku sangat terpukul saat Melihat kondisi sahabatku dalam keaadaan nggak bernyawa lagi.

Aku bener-bener ngerasa bersalah saat itu dan Aku terus menangis kencang sambil memeluk Mad untuk terakhir kalinya meskipun dia uda nggak bernyawa lagi. Akhirnya Aku dibawa keluar oleh Bagus tapi saat itu Aku masih belum bisa nerima semuanya.
“Udahlah Had, ikhlasin aja si Mad.“ hibur Bagus sambil mengelus kepalaku dan ngeluarin air mata.
“Nggak bisa Gus, Mad mati gara-gara Aku. Coba waktu itu Aku turutin Dia pulang dan nggak basketan di skull pasti nggak bakal kayak gini.“
Mendengar ucapanku Baguspun jadi marah dan dia langsung menamparku dan berujar, “Hoi Had jangan kayak anak kecil, semua ini uda takdir kamu menghindar kemanapun kalo emang uda waktunya Mad meninggal pasti meninggal.”
Akupun langsung tertegun dan sadar mendegar ucapan Bagus. “Tapi Gus, Aku masih belum bisa ditinggal Mad sendirian coz dia itu bener-bener temen yang baek banget dan uda banyak cerita yang pernah kita alamin bareng.”
“Udahlah Had, Aku juga tau gimana perasaanmu sekarang tapi namanya takdir sapa yang tau? Kita harus sabar ya.” ujar Bagus sambil memegang pundakku.
Saat itu Adit dan Jimin hanya bisa menangis di deket pintu UGD, mereka nggak bisa ngeluarin sepatah kata pun.
Nggak lama kemudian, Ayah dan Adik Mad datang tapi Ibu Mad nggak bisa datang sebab beliau masih bekerja sebagai TKW di Arab dan pastinya Ibu Mad belum tau kalo anaknya uda meninggal.
Aku langsung nyamperin Ayah Mad yang baru aja dateng, “Pak yang sabar ya. Dian (Mad) uda dipanggil Yang Mah Kuasa.”
Ayah Madpun tak percaya dengan yang kukatakan dan beliau langsung teriak histeris dan menangis menuju ke kamar jenazah.
Terus adik Mad nanya ama Aku, “Mas, tadi kenapa Bapak kok nangis dan teriak gitu? “
Aku bener-bener sulit ngeluarin kata-kata, “Dik, Mas nggak bisa kalo ngomong ama kamu.”
Adik Mad terus memaksaku untuk menceritakan apa yang sebenarnya terjadi dan dengan berat hati Aku critain semuanya. Adik Mad juga nggak bisa nerima suratan Tuhan ini dan dia juga mengeluarkan airmata kepedihan.

“Had udahan donk, Aku bener-bener nggak kuat denger critamu.“ ujar Ricko sambil mengusap airmatanya.
“Gapapa kok ko, ntar lagi critanya kelar.”


Adik Madpun terpukul dengan hilangnya Kakaknya yang paling dia sayangi dan dia langsung ke tempat Ayahnya yang masih menangisi Mad di Kamar Jenazah. Aku bener-bener nggak kuat ngeliat kesedihan mereka.
Aku mutusin keluar sebentar dan mencoba menghubungi anak-anak, tapi banyak yang nggak pecaya ama yang Aku omongin bahkan mereka sempet misuhin Aku dan marah-marahin Aku. Mereka yang kutelpon langsung datang ke rumah sakit dan mereka juga nggak pecaya kalo Mad akan pergi secepat itu.
Setelah divisum dan diotopsi akhirnya jenasah Mad dibawa pulang ke rumahnya dan tidak sedikit temen-temen skull yang datang kerumahnya meskipun uda dini hari. Keesokan harinya temen-temen satu skull pada kompakan bolos skull buat ngelayat Mad dan melihat Mad for the last time, the boy who we will remember till the end of time.(bener nggak ya englishnya?)
Jenazah Mad dimakamkan di kampung halamannya di City of Lamongan, sayang saat pemakaman tidak semua temen satu skull bisa ikut coz mereka ada yang bawa motor jadinya guru-guru nggak ngijinin mereka yang bawa motor untuk pergi ke tempat pemakaman. Jadi yang berangkat ke lamongan saat itu semua anak pandan dan temen-temen skull yang bawa mobil.
Setelah acara pemakaman, Aku ama anak pandan masih berada di tempat pemakaman untuk memberikan salam perpisahan, sedangkan Priyo memberikan sebatang rokok diatas makamnya Mad sebagai tanda perpisahan. “Selamat Jalan Mad semoga arwahmu tenang di alam sana,“ itulah kata-kata terakhir yang kita ucapin saat itu.

***

“Woi Mox, Ko, kok pada tidur tapi ya udahlah gapapa. Aku beruntung banget msih punya temen sebaek kalian.“ ujar Hadi sambil menatap Ricko dan Semox.

2 komentar:

  1. hwaaaa...aku nangiss baca ini,had.. :'(
    ya allah..aQ g tau cerita lengakapnya gimana sebelum peristiwa itu..ngagetin bangett..
    semoga Mad tenang di sana yaa..
    semoga semua amalnya diterima Allah SWT..
    amien..


    kita semua kangen kamu,Mad..

    adisty

    BalasHapus
  2. makasih banyak dist
    ya kurang lebih seperti yang aku tulis di cerita ini
    makasih ya..
    baca yang laen juga donk

    BalasHapus