Rabu, 30 Juni 2010

Mahasiswa Sekarang...


 Aksi Mahasiswa

Sejarah Mahasiswa Indonesia di era 60-an, 70-an hingga 1998, sangat dikenal sebagai sosok agen pembaharu dalam perkembangan bangsa. Mahasiswa sangat kritis dan peka terhadap segala kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kita bisa melihat tahun 60-an dimana Mahasiswa melakukan aksi TRITURA (tiga tuntutan rakyat), pada tahun 1974 kita juga mengenal peristiwa "MALARI" (malapetaka 15 Januari), dan terakhir pada tahun 1998 dimana Mahasiswa berhasil "menaklukan" orang paling berpenguasa di Indonesia selama 32 tahun, meski dibalik peristiwa ini juga banyak kepentingan yang masuk.
Dari berbagai peristiwa bersejarah itu seakan merepresentasikan bahwa Mahasiswa mengerti dan peduli terhadap problematika yang menyelimuti negeri ini, dari sana juga kita bisa melihat betapa hebatnya mahasiswa bisa menjalin kekuatan massa yang cukup besar dalam merobohkan dominasi penguasa tunggal negeri ini meski upaya perobohan rezim itu baru terealisasi pada 1998.

Berbicara mengenai sejarah mahasiswa Indonesia tentunya akan sangat panjang dan penuh perjuangan. Namun berbicara mengenai mahasiswa Indonesia sekarang, seakan tidak pernah jauh dari kehidupan malam, shopping, mall, travelling, drugs, free sex, alcohol, dan sebagainya, meski juga banyak prestasi internasional yang diraih mahasiswa indonesia.

Yah, kita tidak bisa menyalahkan atau mempermasalahkan mahasiswa yang demikian, karena mereka seperti itu karena sistem yang tercipta, yakni bea masuk perguruan tinggi yang mahalnya bukan main baik swasta maupun negeri, apalagi jika kita menengok UGM, UI dan ITB, mahalnya bukan main.

Mungkin karena kebanyakan berisikan orang-orang yang mapan secara ekonomi (mengingat masuk kuliah bisa lewat jalur swadaya/kemitraan/kasaranya jalur duit. Baca juga tulisan penulis mengenai "sekilas tentang hedonisme") atau orang-orang yang kuliah untuk memperoleh pekerjaan yang layak dengan gaji tinggi, sehingga mereka apatis aja deh dengan segala permasalahan di negeri ini. Ndak perlu repot-repot mikirin politik, pemerintahan, permaslahan bangsa dan lain sebagainya, sekarang yang dipikirin gimana caranya biar bisa kuliah dengan IP yang bagus terus dapat kerja, kuliah sambil kerja, atau kuliah sambil bersenang-senang. Dimana dari aktivitas itu, tentunya secara tidak langsung menjauhkan mereka dari masyrakat, maka jangan heran jika mahasiswa sudah tidak lagi menjadi penyambung lidah rakyat alias tidak lagi menjadi agen perubahan layaknya mahasiswa angkatan 60-an hingga 1998. Mahasiswa bukan lagi sosok kritis yang peka terhadap segala perubahan yang ada di sekitarnya, padahal harapan masyarakat terhadap mahasiswa juga cukup besar karena masyarakat beranggapan bahwa mahasiswa adalah sosok intelektual yang bisa menyalurkan aspirasi rakyat.

Namun tampilan mahasiswa sekarang seakan meragukan masyarakat untuk “meminta” pertolongan mahasiswa, mengingat sekarang mahasiswa lebih suka menampilkan sosok eksklusif yang tidak bisa merasakan derita rakyat dan memhami problematika bangsa. Mereka hanya bisa ngemall, dugem, ngedrugs, free sex, autis dengan dunianya, dan lain sebagainya. Mungkin orang-orang desa saja yang masih berpikiran bahwa mahasiswa itu orang pinter dan bisa banyak bantu masyarakat (ini dampak dari program KKN). Hehehe

Sekarang semakin sedikit mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi, baik organisasi ektra kampus (HMI,GMNI,PMII,KAMMI,dll) maupun himpunan mahasiswa jurusan hingga BEM. Yah, mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan bersenang-senang, sukur-sukur ada yang bekerja atau belajar.

Penulis secara pribadi juga mengakui bahwa mahasiswa sekarang lebih menampilkan sosok “arogan” secara intelektual dan sosok yang “apatis” dengan segala perubahan yang ada di masyarakat. Mereka lebih menampilkan eksklusivitas dengan hanya berkumpul sesama mahasiswa tanpa ada dialektika atau obrolan yang bermanfaat, hanya bersenang-senang dan ngegosip sana-sini. Sedangkan yang arogan secara intelektual lebih banyak mengahabiskan waktu dengan belajar tanpa peduli ada apa dengan temannya atau masyarakat, yang penting kuliah dapet IP Cumlaude dan bisa bicara hanya berdasar teori tanpa implementasi.
Mahasiswa oh mahasiswa...

3 komentar:

  1. waduh, aslinya kalo yang ini nih aku tidak sepaham dengan kamu mas :) tapi kalo via tulisan yang bermedia seperti ini saya takutnya salah paham, heheh .. banyak yang perlu dibagi ini sepertinya :)

    BalasHapus
  2. hahaha
    g sepaham juga gpp
    tp inilah faktanya..haha

    BalasHapus
  3. makanya kalo kuliah di kampus elite..biar tau..hahahaha

    BalasHapus