Jumat, 07 Mei 2010

Chapter 14 - Liga Songo Bagian Dua


                                                                                                           Setelah Final dan Jadi Juara 1
Setelah pertandingan pertama yang cukup menegangkan akhirnya Tim Basket SMA 9 bisa melanjutkan pertandingan ke Quarter Final dan Semi Final dengan tidak mudah, sebab mereka nyaris kalah melawan SMA 5 dan SMA Trimurti di semi final. Mereka akhirnya masuk final, sehari sebelum final anak-anak basket SMA 9 pada nggak bisa tidur, karena mereka ada yang kena insomnia, ngeronda, syuting film, dan lain sebagainya. Musuh mereka kali ini lebih berat dari lawan-lawan sebelumnya yaitu SMA 1 Sidoarjo. Pada pertandingan Quarter Final dan Semi Final, SMA 1 Sidoarjo dapat mengalahkan 2 tim kuat dari Surabaya, SMAMDA dan SMATAG.
Semox daritadi di kelas terus mikirin partai final besok dan dia bener-bener nggak sabar pengen cepet lulus sma. Nah opo hubungane? hhaha.
Hadi yang lagi duduk dideketnya jelas heran ngeliat Semox yang ketawa-ketawa sendiri. “ Woi, mox siang-siang gini ngelamun!!”
Semoxpun kaget nan tercengang. “Apaan sih Had, nggak ngenakin orang aja.”
“ Kamu lagi ngayal apa sih? kok kayaknya seru?”
“ Ini Had, aku lagi mikirin final besok. Kamu tau siapa lawan kita ? “
“Aku nggak tau mox pokoknya kita maen terus menang, tim kita kan punya motto. “
“ Motto apa Had ? Pewangi pakaian maksudmu . “ tanya Semox heran.
“Yeee itu mah Molto, motto kita kan Kalah Menang Rp.2000 . “
“Bagus juga tuh mottomu. Kayak naek angkot aja, jauh dekat tetap di hati.”
“Hahahah malah nggak nyambung yo,” sahut Penulis jengkel.
 “Oia kemaren kamu diwawancarai apa aja ama wartawan deteksi?“ tanya Semox.
“Mereka tanya apa aja persiapan kita terus kita tau nggak sapa lawan kita nanti.“
“Terus kamu jawab apa?“
“Aku jawab nggak tau, aku bilang terserah sapa aja lawannya yang penting SMA 9 juara.“
Ricko yang baru aja dateng dari kantin langsung ikutan nimbrung ama Hadi dan Semox. “Had, Mox gimana besok uda siap belum ?“ tanya Ricko sambil ngupil.
“Kita sih siap-siap aja. Oia Songomania gimana?“ tanya Semox sambil pinjem jari tengah Ricko buat ngupil.
 “Tenang aja, kita uda nyiapin semuanya.”
“Maksudnya?“ tanya Hadi
“Kita uda beli kembang api dan cat. Ya uda deh pren, aku mau cabut duluan coz tadi uda janji ma anak-anak buat cabut bareng sekalian nyari peralatan buat besok “ Rickopun berlalu ninggalin mereka berdua.
“Had, kamu kenapa? Baru ditinggal Ricko gitu aja kamu uda keliatan sedih.“ tanya Semox
“Eh ada apa Mox? aku lagi mikirin pertandingan buat besok.“
“Kayaknya kamu bohong Had, emangnya kamu lagi ada masalah ya? kalo liat mukamu kayaknya kamu lagi ada masalah ama Laras.“
“Nggak kok Mox, aku gapapa kok. Udahlah kamu siapin diri kamu aja buat pertandingan besok. “
“Nggak Had, wajahmu yang melas lan uelek iku nggak bisa bohong. Nyante aja pren, cewek emang kayak gitu. Mau menangnya sendiri.“

Hadi emang lagi bingung, Laras mau ngajak dia break ampe UAS slese coz ntar setelah final Liga Songo dan taon baru, SMA 9 langsung UAS. Sepulang skul, Hadi nungguin Laras di gerbang skul, Dia pengen ngomong ama Laras. Baru aja ditungguin akhirnya Laras muncul dan mereka langsung ke pos satpam buat nge- ganti’in mas muchlis yang jadi satpam skolah. Hehehe..
“Ras, kamu yakin pengen kita break? Ati-ati loh ras, sekarang lagi banyak cewek yang ngefans ama aku.hehehe “
“Kamu tuh mas masih aja suka becanda. Ya uda kamu ama mereka aja. “
“Yeee jeles nih? Tapi kalo kamu jeles keliatan tambah ndut dan tambah cakep aja.“ gombal Hadi
“Ga usah gombal gitu po’o, Aku pengen break biar kita bisa konsen UASnya. “
“Kita Ras?!Kamu aja tuh yang konsen.”
“Eh Mas sory, Aku uda dijemput mama tuh. Aku pulang dulu ya, oia kita nggak bakal break kalo besok final maenmu bagus dan SMA 9 jadi juara.”
“Beneran Ras?“
“Iya bener, aku pulang dulu ya.” jawab Laras sambil ninggalin Hadi dan menuju ke mobilnya yang uda nunggu di depan skull.

Setelah Laras pulang, Hadi langsung nongkrong ke pandan ama anak-anak. Keliatannya Laras sengaja ngasih syarat seperti itu biar Hadi semangat maen basketnya. Lagi-lagi mengarang indah nih si penulis, emang gitu toh ceritanya? hhaha
“Woi, inilah bintang lapangan kita Hadiiiiiiiiii Subrotooooo.“ teriak Syarif dari warung.
Kontan Hadi yang baru aja nyampe warung jelas jadi malu dapet sambutan sehangat dan semesra itu dari Syarif yang katanya anak-anak mirip ama Aril alas Arek Ilang, “Opo ae se rip,oiyo ndi ricko?(Apan sih rif, oia Ricko mana?).
“Ricko lagi nyari kembang api ama prio, teyenk, betet, dll. Had, besok kita bisa menang kan?“
“Pasti donk Rif, semenjak aku kelas satu, aku belum pernah jadi juara Liga Songo dan inilah saat yang tepat untuk menjadi jawara.“
“Kamu yakin banget Had, lawanmu di final nanti bakalan berat lho.“ ujar Derajat sambil menghisap rokok terakhir.
“Beneran Jat? percaya ma aku aja. Pokoknya besok kalian siapin suporter sebanyak-banyaknya.“
“Bentar pren, ada telpon nie. Halo sopo iki (siapa ini)?“ potong Hadi sambil menerima panggilan masuk di hapenya.
“Had ini Panpan deteksi.“ ujar suara di ujung sana.
“Kamu Pan, ada apa?“ balas suara di ujung sini.
“Aku mau tanya persiapan skulmu buat besok, baek persiapan suporternya ampe persiapan para pemaennya.“
“Kalo pemaenya pada banyak yang istirahat, sedangkan supporter bakal menuhin tribun dan mereka pada janji bakal meriahin final Liga Songo.“
“Terus kamu sendiri gimana Had? Kamu yakin besok bakalan menang lawan SMA 1 Sidoarjo.“
“Kalo aku nyante aja coz aku bakalan yakin besok bakalan menang meski akhirnya nggak kalah.“
“Di sidoarjo ada pemaen yang juga hebat, namanya Komang. Menurutmu permaenan dia gimana?“
“Wah gitu ya? tapi aku nggak tau pan coz nggak pernah liat dia maen. Denger-denger sih dia emang jago padahal masih kelas 1.“
“Ya uda Had, thanks ya buat infonya. “
“Siapa Had ? “ tanya Syarif.
“Biasa, wartawan deteksi. Eh aku balik dulu ya. “
“Kemana Had, kok uda mau balik?“ tanya Ricko yang baru aja datang.
“Banyak banget Ko kembang apinya, mau kamu jual ? aku pengen istirahat buat besok.“
“Oke, selamat beristirahat dengan tenang.“
“Kamu pikir aku mangkat? Ntar aja deh ko, nungguin kamu dulu aja. Hhaha...”

***

Sementara itu di lain tempat, Laras masih mikirin jadi break ato nggak, tapi dia malu juga kalo ampe narik kata-katanya sendiri dan dia berharap SMA 9 bakal jadi juara.
“Anak mama kok lagi murung? ada masalah ama Hadi ya?“ ujar Mama Laras.
“Engga kok Ma, Laras nggak sabar pengen liat Mas Hadi maen?“
“Ini kan uda malem, besok kan kamu masih sekolah. Buruan bobo sana gih.“
“Ma, besok Laras boleh nonton Mas Hadi nggak?“
“Boleh, tapi jangan pulang malem-malem ya.. “
“Makasih ya Ma, Mama baek banget dech. Laras bobo dulu ya Ma. “
Akhirnya Partai Final Liga Songo yang mempertemukan sang tuan tanah eh salah, tuan rumah SMA 9 vs SMA 1 sda akan segera dimulai. Tiket final terjual habis dan tribun utama telah dipenuhin ratusan songomania. Meskipun belum dimulai para songomania terus menyanyikan yel-yel mereka.
Suasana di ruang ganti SMA 9 sangat tegang sebab anak-anak basket SMA 9 nggak nyangka kalo Finalnya bakal serame ini.
“Had, gimana nih tanganku kok jadi dingin?“ tanya Dimas.
“Kamu abis megang es batu?“
“Engga, tadi aku abis berendem di air dingin!? Bego amat sih kamu Had ? kakak kelas kok kayak gini.“
“Tegang amat Dim, nyante aja lagi mestinya kita semangat coz banyak yang nonton kita.“
“Bener juga katamu, tapi tetep aja aku nervous.“
Hadi selaku kapten tim nyoba yakinin temen-temennya kalo timnya bakalan menang dan Hadi nggak mau ketegangan mereka mengganggu konsentrasi mereka nanti.
Tuh kan, lagi-lagi Hadi sok keren nih. Nggak pantes Had jadi orang yang keren. Hhahaha...
“Yuk pren, sebelum kita maen kita bedoa dulu. Moga-moga kita diberikan kemenangan.“
“ Sem - bi -  lan. “ teriak anak – anak basket SMA 9
Pertandingan telah dimulai dan suasana di GOR Bumimoro cukup menengangkan sebab hingga menit ketiga dikuarter pertama kedua tim belum bisa mencetak poin. Songomania dapat bersorak ketika Jimin berhasil menembus pertahanan lawan dan mencetak poin pertama.
“Ayo minnn, semangat kita Jimin Fans Club selalu setia mendukungmu.“ Teriak salah satu Songomania yang tergabung dalam JFC.
Tidak lama kemudian, Komang sang bintang SMA 1 sidoarjo mencetak 2 poin dua kali beruturt-turut dan membalikkan keadaan menjadi 4-2. Songomania kembali terdiam saat quarter pertama berkahir dengan 10-5 untuk SMA 1 sda.
“Had, kamu napa? kok maenmu masih kacau?“ tanya Semox di sela-sela istirahat.
“Gapapa kok mox, aku masih belum panas aja.“
Pertandingan kembali dilanjutkan dan Hadi yang diarepin anak-anak masih belum mampu berbuat banyak dan pada quarter kedua SMA 9 kembali tertinggal dengan skor 25-21.
“Had, uda siap belum? perandingan tinggal 2 quarter lagi, aku nggak mau tau pokoknya dalam 2 quarter ini kamu harus dominant. Kasihan temen-temenmu yang uda berjuang penuh semangat.“
“Beres Mas, tenang aja kita bakal menang kok.“
Hadipun kembali bersemangat dan pada awal quarter 3 dia mencetak poin 9 poin berturut-turut dan membalikkan keadaan menjadi 30-25. Songomania kembali besorakak, dan mereka terus memberikan semangat pada tim kesayangannya.
“Welcome back Hadi.!“ ujar Jimin selaku duet Hadi di tim.
“Sory Pren, aku telat panas. Ayo min, maen yang bener.“
“Beres Had.“
Hadi dan Jimin bener-bener meledak pada kuarter ke-3 dan ke-4, masing -masing dari mereka mencetak 19 poin dan membuat SMA 9 menang dengan skor 53-46.
Begitu bel tanda pertandingan berakhir berbunyi. Ratusan Songomania langsung turun ke lapangan basket dan mereka memberi selamat kepada seluruh pemaen SMA 9.
Setelah larut dalam kemenangan, Hadi lansung teringat Laras, kemudian Dia mencarinya tapi sayang dia nggak bisa ketemu Laras yang uda pulang duluan  Kebetulan Hadi ketemu temen deket Laras yang namanya Intan di Luar GOR.
“Tan, Laras kemana?“
“Laras uda pulang Mas.“
“Yaaa, ya uda tan aku balik ke temen-temenku dulu.“
“Mas tunggu bentar, tadi aku dititipin Laras pesen.“
“Apa pesennya?“
“Katanya dia masih sayang ama kamu dan selamat uda menang terus dia nggak jadi minta break coz SMA 9 menang. Pasti seneng nih?“
“Bener Tan?! makasih banyak yaa, Ya uda aku mau balik dulu ke temen-temenku. “
Anak-anak basket yang lagi brifing di ruang ganti, pada happy semua dan mereka nyiram Hadi pake softdrink pas Hadi baru masuk.
“Ini Had, buat kamu.“ ujar Semox sambil nyiramin softdrink ke muka Hadi.
“Wadouw Mox, eman rek!? mending aku minum aja.“ ujar hadi sambil menyahut sisa softdrink.
“Eh foto-foto dulu yuk buat kenang-kenangan. Tapi sayang ya nggak bisa di tag di FB(facebook), kan jaman kita masih belum booming FB.“ ujar Jimin.
“Udalah terima aja kejadulan jaman kalian.“ ujar penulis sambil tersenyum sinis.
Merekapun akhirnya foto-foto satu tim dan setelah itu pengambilan piala sekaligus penutupan Liga Songo.
Hadi yang baru aja ngambil piala langsung ngelamun kayak penyamun.
“Aku nggak bakal pernah bisa ngelupain momen ini, setelah 3 tahun aku menunggu akhirnya SMA 9 bisa jadi juara Liga Songo. Tapi sayang ini merupakan Liga Songo terakhirku coz taon depan aku uda lulus. “
Tiba-tiba Ricko dateng ngagetin Hadi, “Duoorrr, Abis menang kok malah ngelamun?? Jungkir balik or salto kek.”
“Kamu bikin aku kaget aja Ko.“
Napa Had?“
“Nggak Ko, aku ngerasa seneng aja coz taon ini SMA 9 uda banyak menangin kejuaraan termasuk Liga Songo.“
“Ya uda Had, kita ke anak-anak pandan yuk. Mereka pada di luar semua dan pengen ngucapin selamat buat kamu.”
Hadi bener-bener ngerasa bahagia sebab Skulnya menang tapi ada satu hal yang bikin dia stress. Dia belum sempet belajar buat UAS (Ujian Akhir Sekolah) padahal UAS tinggal seminggu lagi.

3 komentar:

  1. mantap jaya.. crita yang oke boss!!!

    BalasHapus
  2. waduh hadi gokil bgt ceritnya..bakset menang cinta mulus...

    BalasHapus
  3. wahaha
    masih banyak cerita yang lain kawan
    makasih uda mampir
    coba baca yang masa sma aja
    urut ya dari chapter 1 ampe chapter 14
    hHhAA

    BalasHapus