Jumat, 07 Mei 2010

Chapter 12 - Puasa? Siapa yang Tahan Godaanya


Dari jam pertama pelajaran ampe jam ke empat, kerjaan Hadi di kelas cuma tidur dan tidur aja, katanya sih biar dapat pahala, tidur di bulan puasa kan ibadah.
Bulan puasa bener-bener bulan yang penuh godaan, baik godaan yang disengaja maupun yang nggak disengaja. Kemaren hari pertama puasa, Teyenk ama Ricko membatalkan puasanya dengan sebatang rokok dan segelas es teh manis berdua indahnya di warung pandan.
Belajar dari pengalaman yang telah berlalu (lebay amat sih), Hadi nggak pengen niru temen-temenya yang tidak baik itu. Bu Wid yang mengajar di kelas jelas kurang ‘ngeh’ ngeliat tingkah laku Hadi yang kurang seronoh ini alias cuma tiduran aja.
“Bangun, uda imsak!!??“ teriak Bu Wid sambil menepuk mejanya Hadi dengan penghapus papan.
Tapi si Hadi malah nyenyak aja tuh tidurnya, nggak lama kemudian Teyenk ama Ricko baru aja nyampe kelas.
Sambil mengetuk pintu, Ricko meminta ijin masuk, “Permisi Bu, kita boleh masuk nggak?“
“Ini juga!!! Kalian berdua darimana saja, jam segini baru datang?“ ujar Bu Wid dengan nada tinggi sambil melihat jam di tangannya yang slalu pukul 06.30 WIB. hehehe
“Bu ini kan bulan puasa, jadi harus sabar Bu.“ jawab Teyenk.
“Selaen sabar, Ibu juga harus banyak dzikir dan berdo’a biar pahalanya nambah.“ timpal Ricko.
Ricko uda jadi ustad ya sekarang. Ya uda silakan kalian masuk, beruntung ini bulan puasa.“ jawab Bu Wid sambil mengelus dada dan menghela nafas panjang.
Bu Wid jelas nggak bisa ngasih pelajaran semaksimal mungkin sebab anak-anak sekelas pada ngantuk semua, alasannya sih macem-macem, ada yang sahurnya kesiangan, imsaknya kepagian dan lain-lain pokoknya lebih dari 1001 alesan deh.
Pas jam istirahat, Teyenk ngajakin Hadi ama Ricko ke anak-anak pandan yang lagi nongkrong di kandang kuda (wc) tapi Hadi dengan tegas menolak sebab dia masih pengen tidur nyenyak. Karena Ricko kasihan dengan Teyenk, akhirnya dia menerima ajakan temennya yang kecil mungil kayak upil itu.
Dalam perjalanan ke kandang kuda, Ricko ama Teyenk ngerasa ada yang beda dengan Hadi sebab kok tumben sekarang Hadi jadi lebih suka tidur di kelas daripada tidur di kandang kuda. Hihihi.
Pas nyampe kandang kuda, uda banyak anak yang nongkrong, malahan anak-anak pada ngerokok lho. Beneran nih nggak bohong coz Ricko ceritanya kayak gitu ke penulis. Hhihi
Rek, poso-poso kok malah rokokan kabeh!!!gendeng kon rek. (Puasa-puasa kok malah ngerokok semua!!!gila kalian.)” ujar Teyenk pas nyampe kandang.
Opo ae seh yenk, sing diharamno kan mek mangan karo ngombe, lek ngerokok yo gapopo toh?? (Apa aja sih yenk, yang diharamkan kan cuma makan dan minum, kalo ngerokok ya gapapa toh??),” sahut Dower sambil menghisap rokok dengan bibirnya yang mancung nan aduhay.
Anak-anak cewek di skull jelas agak males mau ke wc sebab wc cewek bersebelahan dengan wc cowok apalagi disana banyak anak nongkrong. Nyeremin deh anak-anak yang nongkrong itu. Hhehe
Tapi ada satu cewek kelas XI IS 1 yang emang uda biasa digodain anak-anak, nama cewek itu Thalita yang juga keturunan Arab tulen.  
“Rab (panggilan sayang thalita dari anak pandan), kamu puasa nggak?“ teriak Teyenk di depan kandang.
“Puasa donk yenk, kamu kali yang nggak puasa?“ ujar Thalita sambil berjalan melewati gang kecil deket mushola.
“Kamu tuh kok hoby banget sih ke wc, masa tiap kita nongkrong disini selalu ngeliat kamu ke wc?“ tanya Teyenk sambil mendekati Thalita.
“Mo tau aja.“ Thalita pun berlalu ninggalin Teyenk.
“Duhhh saknoe rek, ayu-ayu kok senengane ngeseng..(Duhh kasian,cantik-cantik kok sukanya boker). ujar Teyenk disambut gelak tawa anak-anak pandan.
Bel istirahat telah berdering nyaring tapi anak-anak tetep cuek aja. Bulan puasa anak-anak Pandan yang didomniasi anak 3 IPS 1 jarang banget yang masuk skull kalopun masuk mereka bukan masuk kelas malah ke musholla mpe pulang skull, denger-denger sih buat nambah pahala gitu sekalian tadarusan. hehehe...
Selama bulan puasa, baik guru maupun siswanya, banyak yang absen sebab mereka punya alasan yang kuat untuk absen pada bulan puasa. Para guru banyak yang absen dikarenakan mereka nggak pengen marah-marah dan tidak sedikit yang pulang kampuang. Sedangkan dari para siswa alasanya juga nggak beda jauh ama para guru, mereka absen karena mereka juga nggak pengen mengumpat ketika para guru marah, sebab hal ini bisa ngebatalain puasa mereka dan ada juga yang mudik sebab mereka takut kehabisan tiket mudik padahal lebaran masih 28 hari lagi. Terus hubungannya ama cerita di atas tuh apa? Kok nggak nyambung ? maap ya pembaca setia.hehehehe

***

Kalo pulang skul anak-anak pandan jarang banget yang nongkrong, selain iklim yang tropis (lebay banget sih), puasa juga dipastikan akan batal ketika nongkrong coz banyak banget setan berkeliaran di pandan dalam bentuk manusia macam Ricko, Dower, Teyenk, dll.
Hadi yang lagi nongkrong di trotoar deket pandan malah asyik tidur nyenyak di sebelah anak-anak yang lagi asyik maen poker sambil nikmatin es teh dan es josua (joss susu soda).
“Gila nih anak, sedaritadi di kelas kerjanya cuma molor mulu.” ujar Teyenk sambil nunjuk Hadi yang lagi asyik tidur.
“Udah yenk biarin aja, gini-gini kan dia temenmu sekelas.“ ujar Derajat sambil maen poker ama anak-anak dan menghisap rokok terakhir.
“Oia pren gimana kalo kita kerjain Hadi aja?!” usul Teyenk pada anak-anak.
“Yang bener aja kamu Yenk, ntar kalo Hadi marah gimana? Bisa-bisa kamu tambah kecil lho?!” jawab Ricko yang lagi asyik ngerokok di sebelah Teyenk.
“Udahlah.. Hadi nggak bakal marah kok, ntar kita biarin dia tidur di sini aja ampe buka puasa.”
“Terus kalo besok dia marah-marah gimana?” tanya Syarip.
“Tenang aja, kita bilang aja kita uda bangunin dia tapi dia malah enak tidur. Beres kan?!” ujar Teyenk penuh semangat dan gairah.
“Ya uda deh terserah kamu aja tapi kalo Hadi ampe marah kamu yang tanggungjawab loh, kita nggak mau ikut-ikutan kalo dimarahin tapi kalo ngerjain ya jelas kudu ikut-ikutan lah.” ujar Ricko sambil menjitak jidat Teyenk.
Akhirnya anak-anak pada sepakat buat ngerjain Hadi. Hingga adzan maghrib berkumandang, Hadi masih tidur dengan nyenyaknya beruntung ada pasukan kuning yang lagi bersihin jalan rela berkorban buat ngebangunin si Hadi.
“Mas, mas, bangun mas?! Uda buka puasa.” ujar pasukan kuning sambil menjawil-njawil kaki Hadi yang bau kaos kaki.
Hadipun jelas kaget sebab dia nggak sadar kalo dia ketiduran ampe maghrib, “Oia mas, makasih mas.“
“ Sialan anak-anak, aku ditinggal di sini sendirian tapi biarin aja mending sekarang aku pulang aja biar bisa buka di rumah. Marahnya ntar malem aja pas uda nggak puasa biar pahalaku nggak berkurang.“ gumam Hadi dalam hati.

Keesokan harinya pas istirahat skull Hadi nanya ama Teyenk si soib kecilnya yang juga sekelas ama dia. “Yenk, kamu kok tega amat ninggalin aku di pandan sendirian?“
“Kamu sih Had, susah banget dibangunin ampe kita sempet mikir kalo kamu uda nggak bernyawa lagi.hehehe “ ujar Teyenk panjang pendek sambil ngakak.
“Yee enak aja, oia hari ini kamu puasa nggak?“
“Puasaku uda batal had gara-gara Ayu.“
“Kok bisa?“ tanya Hadi penasaran.
“Coba kamu sekarang liat ke arah Ayu yang lagi duduk di meja depan pasti puasamu bakal batal.“
“Emang kamu aja Yenk yang nggak niat puasa masa liat Ayu aja bisa batal, emang ada apa ama dia?!“ jawab Hadi sambil menoleh ke arah Ayu.
“Astaghfirullah, jelas banget yenk coba sini aku liat lagi kali aja itu cuma luarnya aja,kan enak kalo bisa liat lebih dalem. “ ujar Hadi kaget saat melihat Ayu.
“Yeee luarnya aja, ini mah beneran tapi keren bok coz dia pake item sama kayak kaos kakinya. Kita analisa lebih dalam lagi yuk.“
“Males Yenk, Aku nggak mau puasaku batal gara-gara liat dalemannya si Ayu. Mending  liat dalemanku aja. Nih mau liat punyaku nggak?hhaha”
Ampe bel istirahat slesai Teyenk tetep melototin si Ayu ampe dia tersadar kalo daritadi Teyenk mengamati dia dengan seksama. Sedangkan Hadi malah pergi entah kemana.
“Hei yenk kurang ajar! Puasa-puasa liat punya orang!! Kamu kan uda punya sendiri ngapain melototin punyaku!“ ujar Ayu misuh-misuh sambil njewer Teyenk.
“Aduh duh Yuk maaf tadi aku nggak sengaja ngeliat. Jangan marah gitu donk, ntar puasanya batal lho.“ jawab teyenk sambil menahan rasa sakit.
“Aku nggak marah kok sebab aku njewer kamu dalam keadaan bahagia jadi puasaku nggak batal donk. Tapi ya uda deh kasian juga liat kupingmu yang mulai memerah.”
Ayupun berlalu, Teyenk kembali ke singgah sananya, nggak lama 3 soib Teyenk yang unik nan licik dan paling jijik doyan jangkrik kalo nangis make ngikik macam Hadi, Ricko dan Semox baru aja datang ke kelas dan mereka ketawa semua ngeliat telinga Teyenk yang merah.
“Kamu apain Yenk kupingmu ? Kuping bagus-bagus warna item kayak kulitmu eh kamu semir warna merah,“ ujar Hadi sambil membelai telinga Teyenk.
“Eh sapa lagi yang nyemir kuping, ini gara-gara Ayu. “
“Emang kamu habis ngapain ama Ayu ? Nih anak masih kecil uda macem-macem. Pamali tauk, ini kan bulan puasa.“ ujar Semox.
“Lagian bulan puasa sapa yang tahan godaannya !“
“Maksudmu ?“ tanya Ricko.
“Tadi Ayu lagi buka bioskop, jadi daripada nggak ada yang liat kan kasihan, jadinya aku liat sendiri aja. Dia bukannya seneng ada yang nonton, eh malah dia marah-marah dan bikin kupingku ampe kayak gini. “
“hahahahahahha, makanya uda dibilangin jangan diliat mpe filmnya kelar coz ntar yang punya film bisa marah-marah, kan itu cuma thriller.“ ujar Hadi sambil ketawa kesana kemari.
           
            Semenjak kejadian itu, Teyenk akhirnya Insyaf dan dia juga janji nggak bakal ngeliat punya Ayu lagi tapi nggak menutup kemungkinan dia bakal ngeliat punya temen-temen yang laen kalo emang mereka lagi buka bioskop. Jadi buat cewek-cewek yang pake rock apa lagi rock mini, mohon menjauh ya dari teyenk. Teyenk itu kecil, item and kalo ngomong slalu dengan volume maximum. Hhaha..
Sepurane yo yenk...ckckckc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar